Tak Seindah itu, juga Tak Seburuk itu

Tulisan ini ditulis saat rindu datang bertamu pada 19 Agustus di Kota Yogya

Tak Seindah itu, juga Tak Seburuk itu
https://www.pexels.com/id-id/foto/bllom-bunga-matahari-bunga-bunga-flora-1322185/

 

Lima tahun bukan waktu yang singkat, se-gak peka apapun, jika sudah lima tahun pasti ada barang satu, dua perubahan yang terasa dalam dirimu. 

Diawali dengan harapan, lalu bertemu dengan kenyataan, putus harapan, kembali berharap, menata ulang harapan, putus asa dan putus semangat, bangkir dan sadar kembali, ingat motivasi awal disini, futur, jauh, futur lagi gak ada motivasi, jatuh, jatuh, jatuh, bangkit, harapan baru, bangun lagi, berharap lagi, berdoa kembali dan berusaha lebih giat lagi.

Jangankan disini, disana juga begitu. Jangan bandingkan empat, lima, enam tahunmu dengan empat, lima, enam tahun temanmu. Ibu dan ayah kalian saja beda. Kemudian jangan pakai kalimat "seandainya dulu" dalam perenungan empat, lima, enam tahunmu. Karena "seandainya dulu" itu yang membuatmu dimurkai Allah.

Ibarat kata pepatah "banyak jalan menuju Roma" kau pilih jalan yang berbeda dengan mereka, tentu melihat, menemui dan merasakan hal yang juga berbeda dengan mereka. Dan itu sudah jalan yang kau pilih PLUS sesuai dengan peta kehidupan yang sudah Allah gariskan. Sudah Allah tetapkan, sudah Allah pilihkan.

Jika mau mendengar kisah mereka tak apa, dengarkan saja, ambil hikmahnya, pelajari cara mereka menikmati indahnya bunga yang mereka temui di jalan, pelajari cara mereka bangkit dari luka akibat terpleset di jalan, cara membersihkan diri setelah hujan-hujanan dan lainnya. 

Jangan bandingkan, karena memang tak sebanding. Semangat teman-teman! Yang lagi skripsi, lagi kerja, lagi promil, lagi hamil, lagi menyusui, lagi ngadepin anak tantrum, lagi buka usaha, lagi lagi lagi dan lagi lainnya. Semangat YA!